Minggu, 09 Desember 2012

Non-Muslim Minati Produk Syariah

SURABAYA, KOMPAS.com
Produk-produk investasi dan asuransi syariah tidak hanya diminati oleh investor Muslim. Kestabilan dan transparansi pengelolaan investasi menyebabkan produk itu diterima di luar investor Muslim.

Presiden Direktur AXA Finansial Indonesia Ardin Lauhatta mengatakan, faktor spekulasi dalam produk-produk syariah hampir tidak ada. Hal itu disukai para investornya. "Produk-produk ini relatif tidak terlalu fluktuatif," ujarnya di sela-sela peresmian AXA Centre di Surabaya, Senin (9/8/2010).

Transparansi pengelolaan menyebabkan faktor spekulasi lebih bisa ditekan. Selain itu, dana dari investor lebih banyak ditempatkan pada emiten-emiten yang relatif aman dan imbal hasilnya terukur. "Ada faktor diversifikasi investasi jadi. Jadi, investor non-Muslim juga meminati produk-produk syariah," ujarnya.
Hal itu terlihat dari pertumbuhan produk-produk investasi dan asuransi syariah. Meski belum tinggi, tren pertumbuhan relatif stabil dan terus naik. "Biasanya kenaikan terjadi pada semester kedua setiap tahunnya, terutama karena promosi menjelang Ramadhan. Tahun lalu, 80 persen premi semester kedua disumbang produk syariah," ujarnya.
Editor :
Erlangga Djumena

1 komentar: